The Capital-Freeze Index: Mengukur Kerentanan Indonesia


Tampaknya daya tahan Indonesia menghadapi gejolak eksternal kian terkikis. Majalah terkemuka di dunia, The Economist, menghitung derajat kerentanan dengan menggunakan tiga indikator: kondisi akun semasa (current account), rata-rata pertumbuhan kredit selama tiga tahun terakhir, dan nisbah utang luar negeri (utang kotor jangka pendek plus pembayaran cicilan utang luar negeri) terhadap cadangan devisa.

Pada tahun 20014 posisi Indonesia hanya lebih baik dari Venezuela, Turki, dan Ukraina. Indek total Indonesia sebesar 160, yang berarti lebih separuh dari tingkat tertinggi sebesar 300.

 aeconomist

Namun, jika dimutakhirkan sampai semester I 2015 (Indonesia-2015),  indeks Indonesia turun cukup tajam menjadi 115, sehingga tidak sampai separuh dari indeks tertinggi. Posisi Indonesia menjadi lebih baik dari negara-negara Amerika Latin (Meksiko, Brazil, dan Argentina) serta Rusia.

Negara-negara ASEAN, China, dan India lebih baik dari Indonesia.

Semoga saja tingkat kerentanan Indonesia tidak merosot. Cukup banyak faktor yang menunjang Indonesia untuk menghadapi gejolak eksternal. Modalnya para petinggi kompak, tidak cakar-cakaran.

2 Comments

  1. Halo bang Faisal Basri, saya mau tanya ya…
    Seberapa besar kemungkinan nilai Rupiah kita terpuruk ke tingkat Rp 15.000 per Dolar AS? Apa yang terjadi dengan ekonomi Indonesia jika Rupiah sudah Rp 15.000 per Dolar AS?
    Terima kasih

    1. Hallo Bung Herry

      Mungkin saja rupiah menembus Rp 15.000 per satu dollar AS. Kalau saya lihat factor-factor yang menentukan nilai tukar rupiah, agaknya kemungkinannya relatif kecil.

      Rupiah sudah melemah sejak 3 Agustus 2011. Prosesnya sangat gradual, tidak mendadak seperti krisis 1998. Dunia usaha tentunya sudah mengantisipasi depresiasi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.