Demokrasi dan Pembangunan Ekonomi

91 komentar

Pada 19 Agustus mendatang LP3ES (Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial) berusia setengah abad. Untuk terus memperluas pemahaman publik terkait isu demokrasi terkini di Indonesia yang tengah mengalami tren kemunduran, LP3ES menyelenggarakan Forum 100 Ilmuwan Sosial dan Politik dalam bentuk webinar mingguan yang diikuti dengan penulisan buku.

Saya diundang untuk menjadi salah satu kontributor penulisan buku. Hari ini draf naskah tulisan sudah saya kirim dengan judul Demokrasi dan Pembangunan Ekonomi. Karena keterbatasan halaman, tidak semua bahan bacaan saya cantumkan dalam senarai referensi.

Berikut tautan senarai referensi yang saya kumpulkan dan jadikan pijakan dalam penulisan.

Bagi yang berminat untuk memperoleh softcopy dari bahan bacaan berupa buku, artikel di jurnal maupun working paper, silakan kabari di blog ini di kolom komentar. Insya Allah akan saya kirim via email.

91 comments on “Demokrasi dan Pembangunan Ekonomi”

  1. Salam Bang Faisal. Mohon izin, jika berkenan agar disharekan tulisannya. Semoga Bang Faisal sekeluarga sehat dan bahagia selalu.

    Salam

  2. Mas Faisal yb.
    Menarik sekali nih judul artikelnya.
    Boleh dong minta softcopy-nya.
    Terima kasih.🙏

    1. Femmy yang baik, dengan senang hati. Jangan dikutip dulu ya. Tulisan ini baru pengantar saja, Banyak yang bisa dielaborasi lebih dalam. Sukses dan sehat selalu. Saya segera email ya.

  3. Selamat malam Pak.
    Saya mengagumi tulisan-tulisan Bapak. Begitu banyak pengetahuan baru terutama tentang ekonomi. Bila berkenan Mohon diemail naskah tulisan Bapak. Terimakasih banyak pak

  4. Salam Pak Faisal,
    Saya banyak mendapat pencerahan dari tulisan Bapak.
    Saya pernah bertemu Bapak di Bandung saat acara yang di gelar oleh BNI, pertemuan dan diskusi kita diforum tersebut sangat berkesan.
    Terima kasih

  5. Bang Faisal Basri, saya salah seorang pengagum pemikiran anda. Akan menjadi sebuah kesenangan & kehormatan bila Abang berkenan membagikan draft tulisannya.

    Terima kasih, Bang!
    Sehat terus!

  6. Semoga bapak berkenan untuk berbagi pengetahuan dan tulisannya, sehat dan bahagia selalu bapak…Aamiin…

  7. Mohon bapak berkenan membagi ilmu bapak ke saya lewat buku bapak.

    Salam untuk bapak semoga bapak dan keluarga selalu sehat dan bahagia, amiinn

  8. Assalaualaikum Wr.Wb. Sebuah kehormatan bisa membaca draft tulisan bapal apabila diizinkan pak 🙏🏻

  9. Terima kasih pak. Jika berkenan bs dikirim ke email saya. Sehat selalu pak. Selalu senang dengar ceramah bapak di Youtube. Sehat selalu pak🙏

  10. Disertasi sy tahun lalu (2020) juga meneliti hal yang sama bang, hanya ditambah hubungannya inequality. Hasil regressnya memang menunjukkan hubungan yang positif dan sangat kuat antara demokrasi dan ekonomi. Jangan2 dengan demokrasi yang skrng menurun juga (ditambah covid) yang mendorong pertumbuhan melambat?

    Mohon dikirimkan bang.

    1. Luar biasa. Tulisan saya sekedar untuk mengingatkan kembali bahaya kekuatan eksekutif yang sudah eksesif dan cengkeraman ologarki yg kian kuat. Ada baiknya kajian diteruskan. Saya kirim bahan bacaan terbaru ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.