Jangan Tunggu 2045: Musuh Kita adalah Perangkap Semenjana; Prioritas Kita Berbenah, Bukan Pindah

6 komentar

Saya baru pertama kali berjumpa dan berdiskusi dengan Mas Gita Wirjawan ketika diundang untuk mengisi podcast yang ia asuh: Endgame.

Banyak topik yang dibahas secara mendalam. Waktu merembet tak terasa hingga senja menjelang. Mas Gita piawai menggali dan menggali hingga tuntas hingga tak ada lagi yang menggantung. Pertanyaan-pertanyaannya sangat tajam dan tak terduga, membuat saya terdiam sejenak sebelum menjawabnya.

Beberapa hari kemudian, Mas Gita mengundang saya ke kantornya di kawasan SCBD, berdiskusi lebih bebas dan santai dengan beberapa kawan lain.

Berikut disksi lengkap Endgame Season 3 Episode 22.

6 comments on “Jangan Tunggu 2045: Musuh Kita adalah Perangkap Semenjana; Prioritas Kita Berbenah, Bukan Pindah”

  1. Terima kasih banyak Pak Faisal Basri. Terima kasih sudah membantu menjelaskan topik yang kompleks menjadi mudah dipahami. Terima kasih atas ilmu yang dibagikan dan menjadi inspirasi. Semoga Bapak sehat selalu dan semoga Tuhan membalas segala kebaikan Bapak. Terima kasih Pak.

  2. Sehat selalu Bang Faisal dan Pak Gita: sangat mencerahkan.
    Fokus ke “ekonomi produktif” tapi banyak kebocoran salah satunya: moral. Saya setuju untuk memperbaiki “prasyarat” dan “moral” itu. Apa kesulitan utama untuk menjalankan itu? Terima kasih.

  3. Saya membaca tulisan hatta dan soekarno mengenai kearah Indonesia merdeka dan menuju Indonesia merdeka. Hemat saya tujuan pembangunan versi mereka dalam Indonesia merdeka adalah merubah struktur sosial sehingga feodalisme dan struktur masyarakat kapitalis berubah.

    TAPI MENGAPA PEMBANGUNAN KITA TAK PERNAH SERIUS MENGAGENDAKANNYA? YAG TERJADI JUSTRU MENGUKUHKAN KESENJANGAN DAN MEMBURUKNYA STRUKTUR SOSIAL. AKIBAT KEGAGALAN TRANSFORMASI SOSIAL DALAM PROSES PEMBANGUNAN INI MAKA FORMASI SOSIAL INDONESIA MERDEKA HANYA MIMPI.

    Apakah bung faisal punya resep mencapai tujuan daulat rakyat kata hatta atau marhenisme kata soekarno, maksud saya, manual teori dan praktek seperti apa yang harus dilakukan oleh perencana dan penganggaran agar tujuan bernegara bangsa seperti yang digambarkan para pendiri republik dapat direalisasikan.

    Maaf, saya mengganggu bung faisal dengan pertanyaan ini….

    Salam Sehat dan bahagia

    Rusdi

  4. podcast yang luar biasa pa. saya mencatat beberapa bagian untuk bekal saya apabila menjadi pemimpin di negeri ini. lalu untuk kunjungan bapak ke tual. untuk pengembangan ekonomi kepulauan yg bapa sebutkan dipodcast ini bisa saya baca dan lihat dimana ?
    terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.