Ketimpangan Ekonomi Antar Pulau


Pertumbuhan ekonomi Indonesia triwulan I-2015 sebesar 4,7 persen, turun cukup tajam dibandingkan dengan triwulan IV-2015 maupun keseluruhan tahun 2014 sebesar 5,0 persen.

Kinerja paling buruk dialami Kalimantan yang pada triwulan I-2015 hanya tumbuh 1,1 persen. Penurunannya pun paling tajam dibandingkan pertumbuhan tahun 2014 sebesar 3,2 persen. Berarti merosot sebesar 210 basis poin.

Terburuk kedua adalah Sumatera. Pada triwulan I-2015 Sumatera hanya tumbuh 3,5 persen, turun 120 basis poin dibandingkan tahun 2014 yang tumbuh 4,7. Maluku dan Papua di urutan ketiga terburuk dengan pertumbuhan 3,7 persen pada triwulan I-2015, turun sebesar 60 basis poin dari tahun 2014 sebesar 4,3 persen.

Ketiga pulau atau kelompok pulau itu tumbuh di bawah rerata nasional.

Jawa mengalami penurunan paling kecil dari 5,6 persen tahun 2014 menjadi 5,2 persen pada triwulan I-2015, namun masih lumayan jauh lebih tinggi (50 basis poin) dari rerata nasional yang 4,7 persen.

Hanya Sulawesi dan Nusa Tenggara (Bali, NTB, dan NTT) yang menikmati kenaikan pertumbuhan, yakni dari 6,9 persen menjadi 7,3 persen untuk Sulawesi dan dari 5,9 persen menjadi 8,9 untuk Nusa Tenggara. Nusa Tenggara menikmati kenaikan tertinggi sebesar 300 basis poin. Namun, karena keduanya hanya menyumbang masing-masing sebesar 5,7 persen dan 3,0 persen terhadap nasional, dampaknya tidak signifikan untuk menyangga pertumbuhan ekonomi nasional.

map

Perlu dicermati dengan seksama fenomena provinsi-provinsi yang memiliki kekayaan alam cukup melimpah. Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Papua, Riau, Kalimantan Timur, dan Aceh mengalami pertumbuhan di bawah rerata nasional pada tahun 2014. Juga kerap pada tahun-tahun sebelumnya. Status otonomi khusus untuk Aceh dan Papua belum mampu mengakselerasikan pertumbuhan di sana. Belakangan Kalimantan Timur juga menuntut otonomi khusus.Bukannya kemakmuran yang mereka nikmati, melainkan harus menanggung kerusakan alam yang parah.

Keadilan harus segera ditegakkan.

pdrb

l

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s