Faisal Basri

EKONOM lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini dikenal sebagai dosen, peneliti, penulis kolom, dan politikus. Faisal Basri yang bernama asli Faisal Batubara ini adalah keponakan Adam Malik, Wakil Presiden Republik Indonesia yang ketiga.

Meski demikian, masa kecil Faisal tidak bergelimang harta. Pria kelahiran Bandung, 6 November 1959, ini, justru menjalani kehidupan berat dan susah. Itu sebabnya, kini Faisal begitu giat memberikan pendapat dan buah pikirannya untuk memperbaiki kehidupan bangsa Indonesia.

Faisal rajin menuangkan ilmunya ke sejumlah media dan melalui jurnal. Sebagai orang yang tahu benar apa itu hidup susah, Faisal tak ingin lagi ada rakyat Indonesia yang merasakan kesusahan seperti dirinya. Dia ingin rakyat dan bangsa Indonesia terbuka pikirannya dan bisa meningkatkan hidupnya sehingga merdeka dan mandiri.

Silakan kirim pertanyaan Anda kepada Faisal Basri lewat kompaskita@kompas.com. Anda juga bisa mengusulkan tokoh pilihan Anda. Cantumkan nama lengkap dan domisili Anda. ”E-mail” ditunggu hingga 13 Juni 2014. Lima penanya terpilih akan mendapatkan suvenir menarik dari “Kompas”. (TIA)