Mempertanyakan Konsep Holding Migas


Presiden Joko Widodo sudah lama geram mengapa harga gas di Indonesia relatif mahal. Pertemuan, rapat lintas sektoral, koordinasi lintas instansi tak kunjung membuahkan hasil.

Presiden Jokowi sempat mengultimatum agar harga gas segera bisa turun, khususnya untuk industri strategis. Untuk memenuhi harapan Presiden, digelarlah pertemuan intensif di KM Kelud. Memang pertemuan itu bukan cuma membahas soal gas, karena di kapal itu juga hadir ratusan bos BUMN.

km-kelud_9139684_843418.940x1000

Pertamina dan PGN akhirnya menandatangani kesepakatan untuk bersinergi “total” untuk meningkatkan pemanfaatan gas agar daya saing perekonomian kita semakin meningkat. Kesepakatan itu merupakan wujud nyata dari komitmen dua BUMN yang sama-sama merupakan anak kandung Republik. BUMN ada karena memliki kesamaan visi memajukan Negeri, bukan sekedar mencari keuntungan sebesar-besarnya.

kesepakatan.png

Belum sempat ditindaklanjuti, muncul konsep holding migas. Sedemikian cepat perubahan dari waktu ke waktu. Mengapa tidak diberikan kesempatan kepada kedua BUMN itu untuk mewujudkan kesepakatan yang mereka telah tanda tangani? Bukankah menteri BUMN juga hadir dalam pertemuan di KM Kelud? Lihat Rini Soemarno dan Seratusan Bos BUMN Rapat di Kapal Pelni.

 

 

 

1 Comment

  1. Suatu ironi bangsa penerus NKRI yg tdk bisa memahami bisnis migas ? Kenapa jaman orba lebih terarah dan tertata lebih baik dimana NKRI tetap mendapatkan majority keuntungan dan semua proyek migas berjalan sesuai rel nya pasal 33 UUD 1945 ? Karena punya GBHN dan Repelita yg di usulkan oleh Pemerintah kemudian disahkan oleh DPR/MPR dng baik dan konsekwen bersinergi. Sekarang banyak kepentingan yg tdk bisa dibendung dikarenakan dibiarkan demokrasi liberal bukan demokrasi terpimpin yg musyawarah dan mufakati melalui perwakilan di lembaga Legislative yg hanya terdiri 3 partai saja. Dari insan yg telah menikmati jaman perjuangan, orde lama, orde baru, reformasi yg kebablasan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s