Perkasa Tiga Minggu Berturut-turut


Luar biasa. Kinerja indeks saham Indonesia dalam USD terms terbaik di dunia tiga minggu berturut-turut. Per 2 Maret, meningkat 9,2 persen (year-to-date). Selain karena indeks meningkat hingga menembus aras 4.800, juga disebabkan oleh penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

tiga

Hingga 4 Maret 2016, indeks saham Indonesia telah mengalami peningkatan 17,56 persen dibandingkan posisi terendah 28 September2015. Jika dibandingkan dengan posisi akhir tahun 2015, indeks saham Indonesia naik 5,47 persen. Namun, jika dibandingkan posisi setahun yang lalu (year-on-year), indeks kita masih mengalami penurunan sebesar 11.52 persen.

Bloomberg juga menangkap geliat pasar saham dan rupiah.

bloom

Hari ini indeks saham dan rupiah melanjutkan trend kenaikan. Indeks ditutup pada aras 4.850,883 sedangkan rupiah menguat ke aras Rp 13.159.

Sentimen positif selama tiga minggu terakhir diharapkan bakal berlanjut jika pemerintah tidak  melakukan kesalahan tak perlu. Pernyataan-pernyataan yang saling bertentangan di antara para pembantu presiden tidak sepatutnya dihumbar ke publik. Serahkan saja ke Menko Perekonomian agar sinyal ke pasar kuat.

Harus terus diantisipasi efek balik lalulintas modal, karena tahun ini diperkirakan modal keluar dari emerging markets masih cukup besar walaupun tidak sebesar tahun lalu yang mencapai lebih dari setengah triliun dollar AS.

Kunci bagi perbaikan berkelanjutan adalah pembenahan struktural, antara lain menyemaraskkan industrialisasi dan memerangi berbagai distorsi pasar yang kian meruyak.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: