Tekanan Eksternal Masih Berat


Sama seperti tahun 2015, tekanan eksternal tahun 2016 masih akan cukup berat (lihat “Menyikapi Tantangan Ekonomi 2016,” http://wp.me/p1CsPE-1h1). Ekspor diperkirakan belum dapat diharapkan naik secara berarti, bahkan mungkin masih melanjutkan trend menurun yang sudah berlangsung selama empat tahun berturut-turut. Nilai ekspor  sepanjang tahun 2015 diperkirakan tidak akan melebihi 150 miliar dollar AS, jauh lebih rendah ketimbang tahun 2014 sebesar 176,3 miliar dollar AS. Penyebab utamanya adalah harga komoditas yang diperkirakan terus turun melanjutkan trend beberapa tahun terakhir. Kenaikan harga kmoditas diharapkan baru terjadi tahun 2017.

Transaksi perdagangan memang berbalik surplus tahun 2014 setelah selama tiga tahun berturut-turut sebelumnya mengalami defisit. Namun, suplus perdagangan tahun 2015 bukan karena ekspor naik melainkan karena nilai impor turun lebih besar ketimbang penurunan impor.

Tahun 2016 impor diperkirakan naik sejaan dengan investasi yang meningkat lebih cepat dan pembangunan infrastruktur yang terus dipacu. Dengan demikian, surplus transaksi perdagangan terancam kembali defisit.

Ceteris paribus, tekanan terhadap neraca pembayaran 2016 hanya akan terhindari jika dan hanya jika arus modal asing neto cukup memadai untuk mengopensasikan defisit akun lancar (current account) yang cenderung membesar.

Pada tahun 2015, negara emerging markets mengalami arus modal asing keluar terbesar sepanjang sejarah, lebih dari setengah triliun dollar AS. Tahun ini tekanan masih berlanjut walaupun tidak separah tahun lalu.

Oleh karena itu, mau tak mau kebijakan investasi harus lebih kondusif serta stabilitas fiskal dan moneter harus lebih terjaga. Jika tidak, rupiah bakal terus mengalami tekanan.

EM

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Blog di WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: