Pekerja dari China Diperkirakan Masih Mengalir Masuk


Menurut perkiraan lembaga di bawah naungan PBB yang mengurusi turisme, The World Tourism Organization (UNWTO), kedatangan turis internasional pada 2020 akan merosot tajam sebesar 58 persen sampai 78 persen dibandingkan tahun lalu.

Kemerosotan pelancong mancanegara yang masuk ke Indonesia berada dalam rentang itu. Selama Januari-Agustus, kedatangan pengunjung mancanegara tercatat sebanyak 3,4 juta, merosot 68 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2019 sebesar 10,7 juta.

Sebelum pengumuman resmi kasus COVID-19 pada 2 Maret sekalipun, sebetulnya pertumbuhan kunjungan sudah mengalami penurunan. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada 2017 yaitu sebesar 21,9 persen. Setelah itu terus-menerus melemah, menjadi 12,6 persen pada 2018 dan hanya 1,9 persen pada 2019. Dua bulan pertama tahun 2020 jumlah kunjungan merosot atau minus 11,80 persen. Kemerosotan kian tajam setelah pengumuman kasus pertama.

Mengingat perkembangan COVID-19 semakin memburuk, agaknya kemerosotan yang tajam akan terus berlangsung hingga akhir tahun.

Pada Agustus 2020 terlihat ada kenaikan kunjungan dibandingkan dengan Juli, dari 157.939 menjadi 164.970 atau tumbuh positif sebesar 4,45 persen. Apakah wisman sudah berangsur pulih? Agaknya belum. Peningkatan ini bersumber dari negara-negara tetangga yang berbatasan darat dengan Indonesia. Timor-Leste dan Malaysia masing-masing menyumbang 54,2 persen dan 35,3 persen dari total kunjungan pada Agustus lalu.

Kunjungan lewat udara praktis masih mati suri. Pada Agustus, kunjungan lewat udara hanya 5.500 atau 3,3 persen dari total kunjungan.

Yang menarik adalah China mendominasi pengunjung lewat udara, yaitu 2.500 dari 5.500 pelancong. Ditambah yang lewat darat dan laut, pengunjung dari China ke Indonesia mencapai 3.700, ketiga terbanyak setelah Timor-Leste dan Malaysia.

Karena pemerintah Indonesia tetap membuka kedatangan pekerja dari China, maka patut diduga bahwa sebagian besar pengunjung dari China itu adalah pekerja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.