Memperkokoh Fondasi Perpajakan


Untitled
uschamber.com

Catatan: Pagi ini (30/10) Bank Mandiri menyelenggarakan Seminar Reformasi Perpajakan: “What Next After Tax Amnesty.” Saya diminta sebagai salah satu pemapar dengan tajuk “Reformasi Pajak untuk Peningkatan Kapasitas Fiskal.

Berikut bahan yang saya persiapkan, dalam bentuk pdf.

20171030-Bank_Mandiri-pajak

 

7 Comments

  1. Dalam beberapa kali kesempatan sebelumnya saya menemukan bahwa pernyataan Bang Faisal konsisten dalam mengamati kondisi perpajakan Indonesia, diantaranya: turunnya tax ratio, mendorong industrialisasi sektor informal dan perbaikan-perbaikan dalam internal institusi pajak. Apakah ada hal yang realistis mengenai mendorong industrialisasi sektor informal Pak?terutama dalam jangka waktu 5 tahun misalnya, makasih

    1. Terima kash untuk komentarnya.

      Untuk meningkatkan basis pajak, tentu saja fondasinya harus kuat. Untuk itu, perlu:
      (1) upaya keras untuk memformalkan sektor informal, memperbesar pekerja informal. Dewasa ini lebih banyak pekerja informal dari pekerja formal.
      (2) mengakselerasi industrialisasi karena sektor industri menyumbang hampir sepertiga penerimaan pajak. Lebh dari itu, sektor industri memiliki koefisien pajak relatif tinggi yaitu 1,5. Artinya, jika penaran sektor industri naik satu persen, sumbangan industri dalam penerimaan pajak naik 1,5 persen. Ada beberapa industri yang perlu diprioritaskan, yaitu: (a) industri makanan & minuman,(b) industri farmasi, kimia, dan obat herbal, (c) industri komputer, optik, peralatan elektronik, (4) industri alat angkut. Kalau hendak ditambahkan, industri yang berbasis sumber daya alam yang sampai sekarang terus melemah.
      (3) Meningkatkan produktivitas sektor pertanian dan industrialisasi di pedesaan dengan menggunakan teknologi tepat guna.

      Semoga menjawab sebagian yang ditanyakan.

      1. Mengkaselerasi industrialisasi sektor informal langkahnya bagaimana ya pak?yang kongkret alias bisa dilakukan sekarang…

      2. Penyerap pekerja formal terbesar adalah sektor industri. Oleh karena itu akselerasi industrialisasi jadi keniscayaan. Tentu banyak lagi, misalnya mempermudah penguasaha mendirikan badan hukum usaha.

  2. Maaf Pak, hampir mengulang sebuah pertanyaan untuk memperjelas, melihat peringkat ease of doing business cukup baik walaupun beberapa indikator masih jalan di tempat, kemudian langkah mengakselerasi itu seperti apa ya Pak dg keadaan sekarang?misal membuat kawasan-kawasan industri baru dengan memberikan insentif misalnya penurunan PPh pengalihan atau BPHTB (terkait lahannya), seperti di Cina dimana cukup terkenal home industri yang cukup baik, terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s