Lingkungan Bisnis Global (Silabus)


Program Magister Manajemen Universitas Tanjungpura

Silabus

LINGKUNGAN BISNIS GLOBAL

Pengajar: Faisal Basri

(Maret-Agustus 2015)

 

LATAR BELAKANG MATA KULIAH

Hari-hari belakangan ini kita membaca di media massa kekhawatiran tentang pelemahan nilai tukar rupiah. Pada minggu kedua Maret 2015 nilai tukar rupiah menembus Rp 13.000 per dollar AS. Titik terendah baru terjadi pada 16 Maret 2015, yaitu Rp 13.237 per dollar AS. Pelemahan rupiah sebenarnya sudah cukup lama terjadi, yakni sejak Agustus 2011.

Kita pun menyaksikan dan langsung merasakan dampak dari volatilitas harga minyak dan komiditi lainnya. Sejak akhir tahun 2014, harga minyak mentah meluncur turun hingga mencapai titik terendah pada Januari 2015. Pemerintah Indonesia di bawah pemerintahan baru mengubah kebijakan subsidi minyak secara drastis sehingga kini kita dihadapkan pada harga bahan bakar minyak yang kian kerap berubah.

Kedua contoh itu menyadarkan kita betapa lingkungan internasional sangat peka terhadap perkembangan ekonomi nasional dan tentu saja dunia bisnis. Padahal, perubahan tidak sebatas kedua hal itu. Perubahan telah merambah ke hampir segenap aspek kehidupan. Oleh karena itu, mau tak mau kita harus semakin memahami dinamika lingkungan global, tidak hanya di bidang ekonomi, tetapi juga social, geopolitik dan geostrategis.

TUJUAN MATA KULIAH

Mata kuliah ini bertujuan agar peserta memahami lingkungan global yang dihadapi dunia usaha dan memengaruhi kinerja usaha. Dengan pemahaman yang baik, diharapkan peserta mampu mengantisipasi faktor-faktor eksternal-global yang setiap saat dihadapi dan mengalami perubahan, sehingga bisa mempersiapkan diri lebih baik sebagai pengusaha maupun sebagai profesional. Dengan begitu, kita bisa meminimalisasikan dampak negatif dan mengoptimalkan peluang yang tercipta dari perubahan-perubahan lingkungan eksternal tersebut. Lebih jauh, kita mempersiapkan diri untuk menciptakan masa depan, bukan sekedar mengantisipasinya.

CAKUPAN TOPIK BAHASAN

  1. Membaca kondisi perekonomian nasional terkini untuk membuktikan betapa faktor lingkungan global sangat penting dalam memengaruhi gerak perekonomian nasional dan kinerja usaha.
  2. Perbedaan nasional (national differences), yang meliputi: perbedaan nasional dalam ekonomi politik, ekonomi politik pembangunan, perbedaan dalam budaya, dan etika dalam bisnis internasional.
  3. Lingkungan perdagangan dan investasi global
  4. Kerja sama internasional dan sistem moneter internasional
  5. Indonesia dan regionalisme
  6. Strategi bisnis internasional

PENILAIAN

Berdasarkan dua unsur, yakni ujian tengah semester dalam bentuk ujian tertulis dan makalah akhir (kelompok) sebagai pengganti ujian akhir.

BAHAN BACAAN

Hill, Charles W.L., Krishna Udayasankar, and Wee Chow Hou (2014). Global Business Today. 8th edition. McGraw-Hill Education (Asia). [HUW]

Ravenhill, John, ed. (2014). 4th edition. Global Political Economy. 4th edition. Oxford: Oxford University Press. [JR]

Wheelen, Thomas L., and J. David Hunger. 2012. Strategic management and Business Policy: Toward Global Sustainability. 13th edition. Upper Saddle River, NJ: Pearson. [WH]

Bahan bacaan lain yang terkait dengan masing-masing topik mata kuliah akan diberitahukan kemudian.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.