Lautlah yang Mempersatukan Indonesia


Image

“Untuk membangun Indonesia menjadi negara besar, negara kuat, negara makmur, negara damai yang merupakan National Building bagi negara Indonesia, maka negara dapat menjadi kuat jika dapat menguasai lautan. Untuk menguasai lautan kita harus menguasai armada yang seimbang.” (Ir. Soekarno dalam National Maritime Convention I (NMC), 1963)

Dengan gugusan 17.000 pulau lebih dan hamparan lautan yang sekitar dua kali lebih luas dari daratan, Indonesia sungguh merupakan negara yang sangat unik. Berbeda dengan kebanyakan negara yang menyebut kesatuan wilayahnya dengan motherland atau fatherland, bangsa Indonesia menggunakan sebutan tanah air sebagai konsep yang melingkupi seluruh bumi Indonesia sebagai suatu kesatuan kedaulatan atas lautan, daratan, dan udara.

Keunikan geografis yang melekat pada Indonesia sejatinya merupakan modal sangat berharga untuk menapaki perjalanan bangsa ini dan bisa menjadi sumber keunggulan untuk menyejahterakan rakyatnya. Oleh karena itu sepatutnya visi maritim menjadi acuan dalam pembangunan nasional, khususnya pembangunan ekonomi.

Laut jangan diperlakukan sebagai pemisah pulau-pulau, sehingga harus dibangun jembatan penghubung antarpulau. Justru sebaliknya, laut dipandang sebagai pemersatu, yang mengintegrasikan pasar domestik dan perekonomian nasional serta mensinergikan potensi sumber daya alam dan industrialisasi. ***

2 Comments

  1. sangat sepakat pak, logikanya seharusnya suatu bangsa tumbuh dan berkembang berdasarkan resource utamanya. sayangnya kita belum pernah memanfaatkan laut sebagaimana seharusnya. toh laut tidak cuma urusan ikan sebenarnya, tapi juga konektivitas, logistik dan juga minyak serta tambang emas di laut dalam, sayang kali penataan laut kita belum terintegrasi secara sempurna. RUU Kelautan pun tak jelas sekarang ada dimana. Sungguh saya sangat sangat berambisi mengembalikan visi dan kejayaan maritim kita seperti jaman kerajaan majapahit dulu. Jika tertarik, bisa cek disini. http://aseptia.wordpress.com/2012/12/18/potensi-konflik-dalam-penataan-pesisir-dan-laut-negara-kesatuan-republik-indonesia/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s