Pertumbuhan di Kawasan Timur Indonesia Melambat


Pemerintah sangat gencar membangun kawasan timur Indonesia. Namun, justru laju pertumbuhan di kawasan itu mengalami perlambatan. Di semua pulau/kelompok pulau (Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, serta Maluku dan Papua) pertumbuhan ekonomi menunjukkan kecenderungan menurun dalam dua tahun terakhir. Yang paling melorot adalah Bali dan Nusa Tenggara. Sementara itu, meskipun mengalami penurunan, Sulawesi masih tumbuh di atas rata-rata nasional dan sekaligus tertinggi.

kti

Sumatera dan Jawa sangat mendominasi dalam pembentukan PDB nasional. Sejak 2010, dominasinya nyaris tidak berubah, sekitar 80 persen. Kaimantan mengalami penurunan, demikian pula dengan Maluku dan Papua. Sebaliknya, Bali dan Nusa Tenggara menunjukkan peningkatan.

pulau

 

 

2 Comments

  1. Melihat sekilas data diatas kinerja Sulawesi sangat layak untuk dijadikan contoh terutama untuk Maluku dan Papua, apa yang bisa dilakukan khususnya untuk Maluku dan Papua dalam meningkatkan persentase sumbangsih dalam PDB?mengingat Pembangunan Infrastruktur di Papua sudah cukup masif

    1. Mungkin yang perlu dipacu adalah diversifikasi kegiatan ekonomi supaya tidak terlalu bergantung pada sektor ekstraktif yang harganya sangat berfluktuasi. Juga memperkenalkan teknologi tepat guna.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s