Perkembangan Industri Otomotif


Indonesia merupakan produsen otomotif terbesar kedua di ASEAN.

oto-1-asean-prod

Sejak 2014 penjualan otomotif di Indonesia terbesar di ASEAN, menyusul Thailand.

oto-2-asean-sales

sebagian besar mobil yang terjual di Indonesia adalah passanger cars, sedangkan di Thailand dan Filipina yang dominan adalah commercial cars.

oto-3-asean-sales_compo

Komposisinya tidak mengalami perubahan berarti sejak 2007.oto-4-ina-sales_compo

Di Indonesia, pengelompokan jenis mobil berbeda. Ini terkait dengan struktur insentif dan sejarah perkembangan otomotif di Tanah Air.

oto-6-ina-sales_compo

Sejarah industri otomotif di Indonesia cudah cukup panjang. Jatuh-bangun sangat dipengaruhi kebijakan.

oto-5-history_ina

Tahun lalu industri otomotif Indonesia memasuki sejarah baru dengan mencatatkan surplus perdagangan.

oto-7-exports_ina

6 Comments

  1. Pak FB, dari tabel terakhir terbaca bahwa sebelum tahun 2015, value dari neraca X-M bernilai negative (defisit), tetapi jumlah unit X-M justru mengalami surplus. (Sedangkan perbandingan komposisi dari passenger dan commercial vehicles yang diproduksi relative stagnan dari tahun ke tahun.) Apa penjelasannya, pak?
    Juga, bagaimana menyikapi perjanjian transfer teknologi dari produsen, misalnya MIDEC – IJEPA (Indonesia – Jepang) yang belum sepenuhnya terealisasi juga?
    Terima kasih.

    1. Sangat boleh jadi nilai impor yang lebih besar dari ekspor karena mobil yang diimpor jauh lebih mahal ketimbang mobil yang kita ekspor.

      Ikhwal tak banyak perubahan dalam komposisi passenger cars dan commercial car bisa dipahami karena tidak ada perubahan berarti dalam komposisi produksi mobil di Indonesia yang kebanyakan mobil penumpang. Kalau kita lihat komposisi berbasarkan perlakuan kebijakan juga tak banyak mengalami perubahan. Porsi sedan turun tapi muncul LCGC.

      Saya tidak mengikuti perkembangan terakhir MIDEC-IJEPA. Namun tampak ada kemajuan, khususnya di grup Toyota. Mereka cukup gencar menambanh investasi dan untuk beberapa jenis mobil, kandungan lokal sdh tinggi. Ekpor pun makin ke banyak negara.

  2. Hallo pak, saya hanya bisa sedikit membaca kurva di atas, bahwa indonesia pernah menjadi pasar mobil terbesar asean di tahun 2013, saya kurang bisa membaca kurva, dan itu yang membuat nilai statistik saya jelek, hehe, saya berniat untuk meminta dukungan bapak untuk artikel Nissan X-trail Mobil SUV Tangguh dan Sporty Terbaik agar bisa setidaknya ikut memeriahkan kontes seo nissan dan bisa bertahan atau bahakan bisa menjadi pemenang. salam kenal pak

  3. Pak, saya ada pertanyaan mengenai kendaraan 4×4. Kenapa mahal sekali ya? Padahal kita yg dipelosok sangat perlu kendaraan tsb karena infrastuktur yg jelek.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s