Restorasi Jakarta, Mungkinkah?


Bulan lalu saya mengunjungi Kitakyushu, Jepang. Kota ini merupakan salah satu sentra industri di Jepang, termasuk industri berat. Nippon Steel memiliki pabrik yang menghasilkan rel kereta api yang dipasok ke seluruh Jepang.

Pada tahun 1960an, Kitakyushu mengalami polusi berat dari cerobong asap pabrik-pabrik yang berlokasi di sepanjang pantai. Akibatnya, kota dan pantai sangat kotor dan tidak sehat, tercemar oleh polusi udara dan air.  Dua puluh tahun dibutuhkan untuk melakukan transformasi. Kini keadaan Kitakyushu sudah berubah total sebagaimana terlihat pada gambar.

 polusi

Pada tahun 1960-an bibir-bibir sungai dipadati rumah-rumah kumuh, mirip seperti pemandangan di Jakarta dewasa ini. Kini sudah berubah total. Sungai-sungai bersih, warnanya berubah dari cokelat menjadi biru. Pemukiman warga direlokasi ke lokasi yang lebih aman dan layak, berikut dengan fasilitas penunjangnya. Di kedua sisi sungai menjadi kawasan publik, terbuka dan bersih.

river

Transformasi Kitakyushu dimotori oleh warga, terutama kaum ibu. Merekalah yang paling merasakan dan menderita akibat kota yang kotor dan kumuh. Anak-anak mereka terjangkit berbagai jenis penyakit. Kulit anak-anak mereka kusam atau cemong jika bermain di luar rumah.

Ketika diterima oleh Walikota Kitakyushu, kami banyak memperoleh penjelasan tentang proses transformasi kota ini. Walikota optimistik Jakarta tak perlu menunggu 20 tahun untuk bertransformasi. Jakarta bisa belajar dari kota-kota yang telah mengalami transformasi. Tak lagi perlu belajar dan mereka-reka dari titik nol. Apalagi Jakarta tak mengalami persoalan seberat Kitakyushu di tahun 1960-an. Praktis tinggal satu-dua saja industri berat yang tersisa di Jakarta. Persoalan lebih berat bagi Jakarta adalah tekanan penduduk dan rehabilitasi sungai.

Tak ada yang tidak mungkin. Visi pembangunan jangka panjang Jakarta harus segera dibentangkan. Kita tunggu desain besar dari pak Gubernur. Kita niscaya bisa. ***

3 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s