Sisi Suram Tahun 2013


Bursa saham di pengujung tahun 2013 akhirnya ditutup di aras 4.274,177, turun tipis 0,98 persen dibandingkan penutupan tahun 2012 sebesar 4.316,687. Kapitalisasi pasar tumbuh 33 persen dari Rp 3.127 triliun akhir tahun 2012 menjadi 4.163 triliun pada 27 Desember 2013.

ihsg

Kurs tengah Bank Indonesia di akhir tahun 2013 mencetak rekor terendah dalam lima tahun terkahir, Rp 12.270 per dollar AS. Titik terendah sebelumnya terjadi pada 24-26 November 2008 di aras Rp 12.400 per dollar AS.

rupiah

Pemburukan nilai tukar rupiah diyakini lebih banyak berasal dari dalam negeri, terutama bersumber dari kemerosotan kinerja perdagangan luar negeri. Bahkan data bulanan Bank Indonesia yang tercantum dalam publikasi Tinjauan Kebijakan Moneter (TKM) menunjukkan selama Januari-Oktober 2013 transaksi perdagangan nonmigas sudah mengalami defisit 8,8 miliar dollar AS. Ini kejadian pertama kali dalam sejarah Indonesia sejauh data yang terlacak. Dalam empat bulan terakhir defisit perdagangan nonmigas semakin memburuk dengan rata-rata sebulan 2,8 miliar dollar AS atau keseluruhannya berjumlah 11,2 miliar dollar AS. Data BI ini mencatat ekspor berdasarkan nilai free on board (fob) dan impor berdasarkan nilai cost & freight (c&f). Kecenderungan pemburukan transaksi perdagangan nonmigas mulai terjadi sejak Agustus 2011.

nog

Kinerja perdagangan nonmigas yang selama 2008-2011 yang meningkat cukup tajam dari suplus 15,1 miliar tahun 2008 menjadi 35,4 miliar tahun 2011, mendadak sontak anjiok 61 persen menjadi hanya 13,8 miliar dollar AS pada tahun 2012. Pemburukan berlanjut hingga tahun 2013. Data BI yang tercantum di neraca pembayaran ini masih mencatatkan surplus karena pencatatan impor berdasarkan nilai fob. Nilai impor fob sudah barang tentu lebih rendah ketimbang nilai impor c&f.

ca

Tekanan terhadap transaski perdagangan bertambah berat karena defisit perdagangan migas yang tak kunjung mereda, bahkan kian menggelembung. Hingga tahun 2010 perdagngan migas masih surplus, tetapi mulai berbalik setahun kemudian menjadi defisit. Selama Januari-September, defisit migas sudah mencapai 8,0 miliar dollar AS.

oil_and_gas

Ekspor neto gas tak sanggup lagi menutup defisit minyak (minyak mentah dan produk minyak/BBM) yang sudah berlangsung selama satu dasawarsa. Ini terjadi karena konsumsi BBM di dalam negeri meningkat pesat sedangkan produksi minyak melorot terus menerus. Tahun 2013 produksi minyak mentah Indonesia rata-rata perhari mencapai rekor terendah sebesar 826 ribu barrel.

oil_productionoil_consumption

Lebih parah lagi, mulai tahun 2013 transaksi perdagangan minyak mentah pun sudah defisit.

defisit_minyak

Akhirnya, secara keseluruhan, transaksi perdagangan Indonesia–menurut data BPS yang mencatat ekspor berdasarkan nilai fob dan impor berdasarkan nilai cif— mengalami defisit sejak tahun 2002 sebesar 1,6 miliar dollar dan meningkat tajam menjadi 6,3 miliar dollar AS.

trade_balance

Bahkan, data BI di neraca pembayaran–yang mencatat data ekspor dan impor berdasarkan nilai fob–sekalipun sudah menunjukkan defisit transaksi perdagangan total sejak triwulan II-2013.

bop

Dari pemaparan di atas, kiranya bisa disimpulkan bahwa keterpurukan rupiah lebih banyak disebabkan oleh kemerosotan kinerja perdagangan luar negeri ketimbang faktor-faktor eksternal seperti rencana tapering oleh The Fed yang selama ini kerap dijadikan kambing hitam oleh para petinggi yang menakhodai kebijakan makroekonomi. Kinerja perdagangan luar negeri sudah barang tentu sangat dipengaruhi oleh perkembangan sektor riil atau sektor penghasil barang. Oleh karena itu, sangat tepat sinyalemen Gubennur Bank Indonesia: “… struktur produksi yang terbentuk dalam satu dekade terakhir lambat laun terasa semakin ketinggalan zaman (obsolete).” Itulah
wujud senyata-nyatanya dari pertumbuhan tidak berkualitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s